Gafatar Depok, Rabu (10/9)
Sebanyak 28 orang anak dan 15 orang tua peserta didik Sekolah Berbasis Rumah ( Gerakan Fajar  Nusantara) kota Depok, mengunjungi kebun raya Bogor untuk mengenal keaekaragaman hayati di museum zoology dan rumah anggrek di lingkungan kebun raya tersebut.
Kebun raya Bogor yang terletak di Jalan Ir. Haji Juanda no 13 seluas 87 hektare, yang memiliki jenis koleksi tumbuhan dan pohon sebanyak kurang lebih 15000an jenis, serta memiliki museum zoology dan rumah anggrek banyak dikunjungi wisatawan local maupun asing, paling ramai kunjungannya adalah tiap hari sabtu dan minggu.

Apa yang kalian ketahui tentang kebun raya bogor? Ternyata kebun raya ini telah ada pada masa pemerintahan Sri Baduga Maharaja(Prabu Siliwwangi 1474-1513) dari kerajaan padjajaran, sebagaimana tertulis dalam prasasti Batutulis. Pada mulanya merupakan bagian dari samida (hutan buatan atau taman buatan) sebagai tempat pemelihara benih kayu atau tanaman yang langka. Hal ini kemudian dibiarkan setelah kerajaan tersebut berpindah ke kesultanan Banten.
Pada tanggal 18 mei 1817, gubernur Jendral Godert Alexander Gerald Philip Van Der Capellen, secara resmi mendirikan kebun raya dengan nama Island plantentuin te beritenzorg, hingga terkenallah sekarang dengan nama Kebun Raya bogor. (Ali M)
               
Comments
0 Comments

0 komentar:

 
Top