Depok , Senin(IFD),  Bertempat di lahan RRI Sukmajaya Depok,  TNI bersama GAFATAR  melaksanakan panen raya Lahan Ketahanan dan Kemandirian Pangan (KKP). (28/4)

Dalam acara panen raya tersebut turut hadir utusan  Ditjen Holtikultura Kementrian Pertanian &  Komandan KODIM 0508 Bp. Kol Inf Moch Zamroni. Program Ketahanan & kemandirian Pangan ini merupakan wujud kerja sama antara Kementrian Pertanian, TNI & GAFATAR dalam memanfaatkan lahan-lahan tidur di sekitar wilayah perkotaan atau disebut dengan urban farming. Sehingga hasil sayur mayur segar & sehat dapat distribusikan diwilayah perkotaan dengan cepat.  Dengan sistem budi daya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis (non kimiawi) sehingga dapat menghasilkan tanaman-tanaman organik yang lebih sehat untuk di konsumsi.


Dengan luas lahan pertanian kurang lebih 3 hektar, beberapa jenis sayur mayur ditanam di lahan tersebut diantaranya kangkung, cabe, bayam, ubi,singkong, kacang panjang, kacang tanah, dan beberapa jenis tanamanan lainnya. Dan pada panen raya ini tanaman-tanaman organik yang dipanen diantaranya adalah kacang panjang, kacang tanah, ubi dan sayur terong.


Kedepan kerjasama antara Kementrian Pertanian, TNI dan GAFATAR  akan berkelanjutan sehingga program ketahanan pangan Nasional dapat terwujud dan dapat mengurangi pangan impor. Kementrian pertanian akan membimbing dan menyediakan sarana-sarana pertanian mulai dari bibit, pupuk kandang dan beberapa sarana pertanian lainnya serta akan memberikan penyuluhan secara berkelanjutan sehingga tanaman yang dihasilkan akan lebih baik. 



Panen Raya ini merupakan wujut nyata GAFATAR selaku ormas yang pada tahun ini mempunyai program kerja unggulan yaitu Program Kemandirian & Ketahanan Pangan yang telah di canangkan secara nasional pada 18 Januari 2014 lalu dan akan berperan aktif dalam mendukung program-program pemerintah . terutama dalam bidang ketahanan pangan.(Jml)
Comments
0 Comments

0 komentar:

 
Top