Produksi air susu sangat dibutuhkan oleh si kecil guna mendukung tumbuh kembangnya. hal ini sangat berkaitan dengan asupan gizi yang dikonsumsi oleh sang Ibu. Berat badan bayi akan terus meningkat jika pemberian ASI berjalan dengan baik. Selain itu integritas kulit pun akan baik, tonus otot serta kebiasaan makan pun akan memuaskan. Yang terpenting dalam hal ini adalah makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang menjamin pembentukan air susunya, dan berkualitas dalam jumlah yang cukup.

Kebutuhan Zat Gizi Ibu Menyusui
Seorang Ibu yang sedang dalam proses menyusui disarankan untuk memperoleh tambahan zat makanan 800 kalori yang digunakan untuk memproduksi ASI dan untuk aktivitas Ibu sendiri. Kebutuhan nutrisi selama laktasi didasarkan pada kandungan nutrisi air susu dan juga dari jumlah nutrisi penghasil susu. Kebutuhan kalori selama menyusui harus proporsional dengan jumlah air susu yang dihasilkan, dan juga lebih tinggi selama menyusui dibanding selama hamil. Jika rata-rata kandungan kalori ASI yang dihasilkan Ibu dengan nutrisi baik adalah 70 kal/100 ml, maka perkiraannya 85 kal diperlukan oleh Ibu untuk tiap 100 ml yang dihasilkan. Untuk 6 bulan, rata-rata Ibu menggunakan kira-kira 640 kal/hari. 6 bulan kedua sekitar 510 kal/hari untuk menghasilkan jumlah susu normal. Artinya ketika menyusui rata-rata Ibu harus mengkonsumsi 2300-2700 kal.


Faktor Yang Mempengaruhi Gizi Ibu Menyusui :

1.  Makanan: pengaruh makanan mempunyai kaitan yang sangat erat pada volume ASI yang diproduksi setiap harinya.

2.  Cairan : Nutrisi lain yang diperlukan selama laktasi adalah asupan cairan. Dianjurkan ibu menyusui minum 2-3 liter per hari, dalam bentuk air putih, susu dan jus buah.

3.  Protein: penambahan 15-20 gram protein sehari sangat dianjurkan karena adanya variasi dari tiap individu. Jumlah ini hanya 16 % dari tambahan 500 kal yang dianjurkan.

4.  Suplementasi: jika makanan yang dikonsumsi sehari-hari telah seimbang, suplementasi tidak diperlukan kecuali jika kekurangan satu atau lebih zat gizi.

5.  Vitamin dan mineral. Kebutuhan vitamin dan mineral selama menyusui lebitinggi daripada selama hamil. Pemenuhan vitamin akan menaikan jumlah vitamin yang terkandung di dalam Asi. Vitamin sangat  baik bagi bayi sebab bisa mengoptimalkan kekebalan tubuh. Adapun mineral seperti kalsium pada bayi karena bayi membutuhkan kalsium yang diperoleh Asi sebab tulangnya sedang tumbuh. Karena itu, konsumsi kalsium pada ibu harus ditingkatkan

6.  Aktivitas: aktivitas dari ibu sebagai pemasok ASI terbaik untuk si kecil ikut menjadi pengaruh dalam gizi, semakin banyak aktivitas yang membuat stress tingkat tinggi, akan membuat  Ibu tidak optimal.


Dampak Kekurangan Gizi Ibu Menyusui
Kekurangan gizi pada ibu menyusui menimbulkan gangguan kesehatan pada ibu dan bayinya. Gangguan pada bayi meliputi proses tumbuh kembang anak, bayi mudah sakit, mudah terkena infeksi. Kekurangan zat-zat esensial menimbulkan gangguan pada mata ataupun tulang.



(Rara)

Daftar pustaka :
1.       http://www.lactamilmama.com/2011/10/lebih-dekat-mengenal-gizi-mama-menyusui/ : database Lactamil dan Buku Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan Modern (Dr. Miriam Stoppard)

Comments
2 Comments

2 komentar:

Anonim mengatakan... 28 Juli 2013 pukul 04.16

Kerennn

baju bayi anak perempuan mengatakan... 19 September 2013 pukul 06.01

Ibu menyusui harus cukup gizi dan nutrisi yang menunjang pertumbuhan anaknya.

 
Top