Banyak Pengusaha Kuliner yang Sukses
di Indonesia.
Ingin sukses seperti mereka?
Gambar 1. Salah satu contoh pengusaha
sukses di indonesia.
Indonesia merupakan negara yang
kaya akan sumber daya alamnya seperti hewan, tumbuhan, laut, hasil tambang, baik
dari rempah-rempah dan
kekayaan lainnya, mungkin hal ini yang menyebabkan kebanyakan pengusaha
di Indonesia adalah pengusaha makanan/kuliner. Semua berlomba-lomba dalam
menciptakan suatu kreasi makanan dan aneka rasa yang berbeda, hal ini bertujuan untuk menarik perhatian agar banyak konsumen datang. Usaha kuliner memang bukan
satu bidang yang dapat ditaklukan laksana membalik telapak tangan. Bahkan
persaingan yang super ketat kadang membuat pelaku dengan produk paling
inovatif sekalipun tidak mampu bertahan.
Hanya para pengusaha bermental baja dan berakhlak mulia (jujur) saja yang mampu
meraih puncak keberhasilan dan disebut sebagai pengusaha sukses.
Berikut
Kami bagikan beberapa tips dan rahasia sukses dari berbagai pengusaha sukses
yang berada di wilayah jakarta.
“Orang sukses bukanlah orang yang
tidak pernah mengalami kegagalan. Tetapi orang sukses adalah mereka yang pernah
gagal dan mampu bangkit dari kegagalan itu dan kembali meraih keberhasilan”.
Pedoman inilah yang senantiasa dipegang teguh oleh para pengusaha sukses.
Hampir semua pengusaha sukses pernah mengalami kegagalan, mulai dari kurangnya
pengetahuan dibidang yang mereka tekuni, ditipu para konsumen hingga kurang
jeli melihat potensi pasar. Hal-hal
inilah yang membuat usaha mereka terpaksa gulung tikar.
■ Lika-liku usaha.
“Kegagalan merupakan hal yang
tidak pernah luput dalam perjalanan mereka. Namun kegagalan tak lantas membuat mereka terpuruk, melainkan membuat
mereka semakin semangat untuk mencari cara agar dapat bangkit dan meraih kesuksesan.”
Sepertinya karena inilah mereka dapat terus berkembang dalam setiap usahanya.
Banyak usaha yang dilakukan mereka untuk memulai dan membangun sebuah
kesuksesan.
Sangat beragam jenisnya, ada yang telah berkali-kali ganti usaha namun tetap
mengalami kegagalan. Bahkan tidak sedikit diantara mereka yang rela menjual rumahnya untuk modal usaha.
kemampuan dalam mengolah makanan yang minim dapat menjadi salah satu
faktor kegagalan. Oleh karna itu, kita yang berkeinginan untuk sukses namun
masih merasa bahwa kemampuan belum
maksimal, haruslah memiliki kemauan dan tekad yang keras untuk belajar dari
orang yang jauh lebih berpengalaman. Selain itu, kita juga harus dapat
menghadirkan kreasi yang baru dan disukai oleh para konsumen.
■ Strategi Marketing.
Selain menghadirkan kreasi yang baru dan disukai konsumen serta memiliki
perjuangan keras untuk maju, seorang pengusaha sukses yang kebanyakan telah
makan asam garam kehidupan pasti sangat memperhatikan strategi marketing. karena hal tersebut sangat penting dilakukan
guna melihat peta persaingan .
Menurut Wulan Ayu Diah, pakar dan pengamat marketing sebelum memutuskan untuk
membuka satu usaha, ada hal yang harus diperhatikan, antara lain :
- Pemilihan lokasi, sebaiknya pilih lokasi yang sesuai dengan dengan segmentasi pasar yang dituju. Misalnya untuk menjual “pancake” yang sebagian konsumennya adalah anak-anak muda, sebaiknya memilih tempat di sekitar sekolah dan kampus.
- Gunakan spanduk atau banner yang bertuliskan menu yang ditawarkan untuk menarik konsumen datang.
- Ciptakan hal-hal yang berbeda dari produk sejenis.
-
Agar
konsumen di sekitar lokasi penjualan mengetahui rasa dari variasi kudapan yang
di tawarkan, maka harus membagikan tester
.
■ Tips sukses.
Menurut Bara Pratinjawane, pakar dan konsultan kuliner, dari pengalaman
pribadinya dalam menjalani usaha rumah tangga dan sebagai salah seorang yang mempopulerkan Cake Tiramisu di Jakarta,
ada tiga poin yang harus dimiliki seseorang saat terjun dalam dunia usaha.
Poin pertama : Percaya
diri dengan produk yang akan dijual, bahwasannya produk tersebut dapat diterima
dan diminati masyarakat luas.
Poin ke-2 : Jujur dan
pantang menipu. Dalam hal ini akhlak yang mulia mutlak dibutuhkan. Salah satu
kecurangan yang biasa terjadi adalah mengurangi atau mengganti bahan yang kita
jual namun dengan mematok harga yang sama. Saat ini banyak pelaku usaha yang
menghalaukan segala cara demi mengeruk keuntungan yang besar. Hal tersebutlah
yang harus dihindari oleh seorang pengusaha yang baik.
Poin ke-3 : Profesionalisme
dan totalisme dalam menjalankan usaha yang digeluti agar bisnis dapat berjalan
dengan baik dan memuaskan.
Untuk mempertahankan usaha yang telah dirintis, maka salah satu cara
yang dapat dilakukan adalah mempertahankan pelanggan. Sering-seringlah
berkomunikasi dengan pelanggan guna
meminta saran dan kritik serta penilaian dari produk yang ditawarkan. Karena
biasanya pelanggan cenderung bersikap jujur dalam menilai produk yang kita
jual. Jangan marah kerika ada suatu kritikan dari pembeli, tapi jadikan kritikan
tersebut sebagai masukan dalam memajukan usaha.
■
Apa yang dilakukan pasca sukses?
“Seorang pengusaha sukses, sejatinya bukanlah mereka yang hanya sukses secara materi, melainkan mereka yang juga sukses
secara jiwa, mereka yang mampu dan
rela memberikan sebagian dari
hasil yang mereka dapat kepada orang
yang membutuhkan”. ujar Nina seorang pemilik kedai kopi di wilayah
jakarta selatan.
Kita semua adalah pelopor dan calon
penerus generasi bangsa, kemajuan dan
kemenangan suatu bangsa ada di tangan kita. Kita lah yang harus membuat suatu gerakan perubahan di dalam
bangsa ini
dan selalu ingatlah bahwa, sesungguhnya
kemenangan suatu bangsa tidak terletak
dari seberapa kaya masyarakat di
dalamnya secara materi, melainkan seberapa kayanya masyarakat secara jiwa
(sehat).
Oleh sebab itu, marilah kita mulai
perubahan sejak dini, berbagilah
kepada sesama. Dengan begitu segala hasil yang kita dapatakan akan
terasa begitu nikmat. (RR/ZHR)