Banyak Pengusaha Kuliner yang Sukses di Indonesia.
Ingin sukses seperti mereka?


Gambar 1. Salah satu contoh pengusaha sukses di indonesia.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya seperti hewan, tumbuhan, laut, hasil tambang, baik dari rempah-rempah dan kekayaan lainnya,  mungkin hal ini yang menyebabkan kebanyakan pengusaha di Indonesia adalah pengusaha makanan/kuliner. Semua berlomba-lomba dalam menciptakan suatu kreasi makanan dan aneka rasa yang berbeda, hal ini bertujuan untuk  menarik perhatian agar banyak konsumen datang. Usaha kuliner memang bukan satu bidang yang dapat ditaklukan laksana membalik telapak tangan. Bahkan persaingan yang super ketat kadang membuat pelaku dengan produk paling inovatif  sekalipun tidak mampu bertahan. Hanya para pengusaha bermental baja dan berakhlak mulia (jujur) saja yang mampu meraih puncak keberhasilan dan disebut sebagai pengusaha sukses.

Berikut Kami bagikan beberapa tips dan rahasia sukses dari berbagai pengusaha sukses yang berada di wilayah  jakarta.

“Orang sukses bukanlah orang yang tidak pernah mengalami kegagalan. Tetapi orang sukses adalah mereka yang pernah gagal dan mampu bangkit dari kegagalan itu dan kembali meraih keberhasilan”. Pedoman inilah yang senantiasa dipegang teguh oleh para pengusaha sukses. Hampir semua pengusaha sukses pernah mengalami kegagalan, mulai dari kurangnya pengetahuan dibidang yang mereka tekuni, ditipu para konsumen hingga kurang jeli melihat potensi pasar. Hal-hal inilah yang membuat usaha mereka terpaksa gulung tikar.

Lika-liku usaha.
“Kegagalan merupakan hal  yang tidak pernah luput dalam perjalanan mereka. Namun kegagalan tak lantas membuat mereka terpuruk, melainkan membuat mereka semakin semangat untuk mencari cara agar dapat bangkit dan meraih kesuksesan.” Sepertinya karena inilah mereka dapat terus berkembang dalam setiap usahanya.
Banyak usaha yang dilakukan mereka untuk memulai dan membangun sebuah kesuksesan.  
Sangat beragam jenisnya, ada yang telah berkali-kali ganti usaha namun tetap mengalami kegagalan. Bahkan tidak sedikit diantara mereka  yang rela menjual rumahnya untuk modal usaha.

kemampuan dalam mengolah makanan yang minim dapat menjadi salah satu faktor kegagalan. Oleh karna itu, kita yang berkeinginan untuk sukses namun masih merasa  bahwa kemampuan belum maksimal, haruslah memiliki kemauan dan tekad yang keras untuk belajar dari orang yang jauh lebih berpengalaman. Selain itu, kita juga harus dapat menghadirkan kreasi yang baru dan disukai oleh para konsumen.

Strategi Marketing.
Selain menghadirkan kreasi yang baru dan disukai konsumen serta memiliki perjuangan keras untuk maju, seorang pengusaha sukses yang kebanyakan telah makan asam garam kehidupan pasti sangat memperhatikan strategi marketing. karena hal tersebut sangat penting dilakukan guna melihat peta persaingan .
Menurut  Wulan Ayu Diah, pakar dan pengamat marketing sebelum memutuskan untuk membuka satu usaha, ada hal yang harus diperhatikan, antara lain :
  •  Pemilihan lokasi, sebaiknya pilih lokasi yang sesuai dengan dengan segmentasi pasar yang dituju. Misalnya untuk menjual “pancake” yang sebagian konsumennya adalah anak-anak muda, sebaiknya memilih tempat di sekitar sekolah dan kampus.
  •  Gunakan spanduk atau banner yang bertuliskan menu yang ditawarkan untuk menarik konsumen datang.
  • Ciptakan hal-hal yang berbeda dari produk sejenis.

-          Agar konsumen di sekitar lokasi penjualan mengetahui rasa dari variasi kudapan yang di tawarkan, maka harus membagikan tester .

Tips sukses.
Menurut Bara Pratinjawane, pakar dan konsultan kuliner, dari pengalaman pribadinya dalam menjalani usaha rumah tangga dan sebagai salah seorang  yang mempopulerkan Cake Tiramisu di  Jakarta, ada tiga poin yang harus dimiliki seseorang saat terjun dalam dunia usaha.
Poin pertama : Percaya diri dengan produk yang akan dijual, bahwasannya produk tersebut dapat diterima dan diminati masyarakat luas.
Poin ke-2 : Jujur dan pantang menipu. Dalam hal ini akhlak yang mulia mutlak dibutuhkan. Salah satu kecurangan yang biasa terjadi adalah mengurangi atau mengganti bahan yang kita jual namun dengan mematok harga yang sama. Saat ini banyak pelaku usaha yang menghalaukan segala cara demi mengeruk keuntungan yang besar. Hal tersebutlah yang harus dihindari oleh seorang pengusaha yang baik.
Poin ke-3 : Profesionalisme dan totalisme dalam menjalankan usaha yang digeluti agar bisnis dapat berjalan dengan baik dan memuaskan.
Untuk mempertahankan usaha yang telah dirintis, maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mempertahankan pelanggan. Sering-seringlah berkomunikasi  dengan pelanggan guna meminta saran dan kritik serta penilaian dari produk yang ditawarkan. Karena biasanya pelanggan cenderung bersikap jujur dalam menilai produk yang kita jual. Jangan marah kerika ada suatu kritikan dari pembeli, tapi jadikan kritikan tersebut sebagai masukan dalam memajukan usaha.

■ Apa yang dilakukan pasca sukses?
 “Seorang pengusaha sukses, sejatinya bukanlah  mereka yang hanya sukses secara materi, melainkan mereka yang  juga sukses secara jiwa, mereka yang mampu dan rela  memberikan sebagian dari hasil yang mereka dapat kepada orang  yang membutuhkan”. ujar Nina seorang pemilik kedai kopi di wilayah jakarta selatan.
Kita semua adalah pelopor dan calon penerus generasi  bangsa, kemajuan dan kemenangan suatu bangsa ada di tangan kita. Kita lah yang harus membuat suatu gerakan perubahan di dalam bangsa ini
dan selalu ingatlah bahwa, sesungguhnya kemenangan suatu bangsa tidak  terletak dari seberapa kaya  masyarakat di dalamnya secara materi, melainkan seberapa kayanya masyarakat secara jiwa (sehat).

Oleh sebab itu, marilah kita mulai perubahan sejak dini, berbagilah kepada sesama. Dengan begitu segala hasil yang kita dapatakan akan terasa begitu nikmat. (RR/ZHR)

Sumber refrensi :  info kuliner  , tips pakar dan pengamat marketing , pakar dan konsultan kuliner . 


Comments
0 Comments

0 komentar:

 
Top