Bogor - (GAFATAR Jabar) Memperingati HUT RI, GAFATAR kembali melakukan aksi nyata di daerah terpencil, Desa Cihoe, Ciseeng-Bogor. Kali ini, kegiatan yang diprakarsai oleh GAFATAR Bogor dan Depok serta Kelompok Tani setempat bersama warga tidak hanya melakukan aksi bersih lingkungan. 
Selepas melakukan kerja bakti membersihkan ‘Jalan Pancasila’ dari rumput liar dan sampah organik yang dilakukan sejak pukul 07.00 WIB, mereka menyelenggarakan kegiatan upacara bendera sekitar pukul 09.00 WIB.

Di dalam upacara, diperdengarkan rekaman suara Ir. Soekarno ketika membacakan naskah proklamasi. Hal ini adalah yang pertama kali terjadi di desa tersebut.
“Ini pertama kalinya saya mendengarkan naskah detik-detik proklamasi di desa saya, dan saya sangat terkesan karena suasana peringatan hari kemerdekaan ini sudah lama sekali saya rindukan”, ujar Bapak Odim, selaku Ketua Kelompok Tani di wilayah tersebut.

Kesan mendalam juga terlihat dari antusiasme warga serta anak-anak yang mengikuti perlombaan setelah upacara. Perlombaan tersebut diikuti tidak hanya oleh anak-anak, tapi juga oleh para ibu. Mereka terlihat ceria dan penuh tawa suka cita ketika mengikuti lomba balap kelereng, balap karung, makan kerupuk, bahkan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Tidak hanya peserta, mereka yang hanya turut menyaksikan jalannya lomba tidak henti-hentinya menebar tawa dan sorak sorai memberikan semangat. Seperti Ifan, salah seorang anak yang begitu antusias dan rela berjemur di panasnya sinar matahari pagi menjelang siang, untuk menyaksikan jalannya lomba.
“Acara kayak gini udah jarang diadain, makanya kita seneng banget, meski cuma nonton”, ujar anak usia 12 tahun ini.

Reaksi tersebut menjawab kerinduan sebagian masyarakat akan suasana kebersamaan yang terasa begitu indah. Hal itu terlihat dari semakin siang, semakin banyak warga sekitar turut ikut meramaikan kegiatan yang umumnya hanya diadakan setahun sekali ini.
(RM)
Comments
0 Comments

0 komentar:

 
Top