Seharian beraktifitas tentu saja membuat Anda merasa lelah. Lebih lagi pada seorang ibu rumah tangga, seharian beraktifitas dari bersih-bersih rumah, mengajak anak bermain, berbelanja, dan aktifitas besar lainnya tentu saja  dapat membuat kaki Anda merasa lelah, salah satu keluhan yang biasa dirasakan adalah kaki terasa lelah. Lalu Bagaimana cara memulihkannya agar kaki segar kembali?
Cara praktis adalah dengan memijatnya. Anda dapat memanggil ahli urut atau mengunjungi panti pijat. Namun Anda juga bisa memijat sendiri kaki Anda. Ingin tahu caranya?
Berikut kami berikan tips memijat kaki secara mandiri bila kaki Anda terasa lelah.
·         Cuci bersih kaki Anda, lalu rendam dalam air  hangat. Cara ini dapat membuat kaki Anda terasa lebih relax.
·         Setelah kondisi kaki terasa lebih baik, keringkan dan lumuri dengan minyak pijat, lalu pijat dengan lembut kaki anda kearah atas selama 10 menit.sebenarnya pemijatan kaki gunanya tidak hanya untuk merelaksasi kaki, namun juga baik untuk kesehatan, lebih lagi bila kegiatan ini dilakukan secara teratur. Paling baik apabila dilakukan oleh ahlinya, karena seorang ahli pijat mengetahui dengan pasti titik-titik saraf yang memerlukan pemijatan.
Lalu, apa saja manfaat pemijatan kaki bagi kesehatan ?
·         Pemijatan baik untuk drainase limfatik, yaitu membantu dalam proses pembuangan toksin (racun) dari proses metabolisme  tubuh. Dengan demikian tubuh menjadi lebih segar.
·         Ribuan titik saraf di kaki, berubungan dengan organ-organ tubuh. Jika titik-titik tersebut dipijat, maka efeknya akan memperbaiki kesehatan/kondisi organ-organ yang berhubungan dengan titik-titik tersebut. Hal ini dapat dilakukan oleh ahli refleksologi.
·         Rasa nyeri atau pegal di tumit, terutama jika Anda mengenakan sepatu bertumit tinggi dalam pekerjaan Anda, dapat diredakan atau dihilangkan dengan pijatan.
·         Pijatan di kaki dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kaki, yang dapat  mengurangi rasa nyeri atau pegal kaki. (RARA)
Dikutip dari  : majalah Femina
Comments
0 Comments

0 komentar:

 
Top